Selasa, 21 Juni 2011

MENDESKRIPSIKAN K



Pengertian K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) adalah  suatu pemikiran dan usaha agar kita tetap selamat dalam bekerja,maka dari itu jangan abaikan prosedur keselamatan

A. Kesehatan Kerja di Perusahaan
  1. Higiene Perusahaan adalah spesialisasi dalam Ilmu Higiene beserta prakteknya dengan mengadakan penilaian kepada fakt or-fakt or penyebab penyakit kwalitatif dan kwantitatif dalam lingkungan kerja dan perusahaan melalui pengukuran yang hasilnya dipergunakan unt uk dasar t indakan korekt if kepada lingkungan tersebut serta bila perlu pencegahan, agar pekerj a dan masyarakat sekit ar suat u perusahaan t erhindar dari bahaya akibat kerj a sert a dimungkinkan mengecap deraj at kesehat an set inggi-t ingginya.
  2. Kesehatan Kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan / kedokteran beserta prakteknya yang bertujuan, agar pekerja / masyarakat pekerja memperoleh deraj at kesehat an set inggi-t ingginya, baik fisik maupun sosial.
  3. Kebersihan adalah modal utama dalam suatu kegiatan pengolahan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yang bermutu tinggi dan higienitas.

B. Keselamatan Kerja

  1. Keselamatan kerja adalah keselamatan yang bert alian dengan mesin, pesawat , alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungan serta cara-cara melakukan pekerjaan.
  2. Keselamatan kerja bersasaran di segala tempat kerja, baik di darat , di dalam tanah, di permukaan air di dalam air, maupun di udara.
  3. Salah satu aspek penting sasaran keselamatan kerja mengingat resiko bahayanya adalah penerapan teknologi terutama teknologi yang lebih maju dan modern.
  4. Keselamatan kerja adalah tugas semua orang yang bekerja, keselamatan kerja adalah dari, oleh dan untuk setiap tenaga kerja serta orang lainnya dan juga masyarakat pada umumnya. Keselamat an kerj a erat bersangkut an dengan peningkat an produksi dan produktivitas.
  5.  Keselamatan kerja harus ditanamkan sejak anak kecil dan menjadi kebiasaan hidup yang dipraktekkan sehari-hari.


C. Istilah Dalam K3
  1. Aman (selamat) adalah kondisi tidak ada kemungkinan malapetaka
  2. (bebas dari bahaya). 

0 komentar:

Posting Komentar